Booming Adiwiyata Setelah Memperoleh Gelar Kejuaraan Tingkat Kota Yogyakarta
Booming Adiwiyata Setelah Memperoleh Gelar Kejuaraan Tingkat Kota Yogyakarta
8 Apr 2015

Selepas mengikuti lomba sekolah sehat, dan berhasil mendapatkan Juara 3 tingkat Kota Yogyakarta, SMP N 7 Yogyakarta mengikuti sebuah lomba yang menjadi Progam dari Badan Lingkungan Hidup Kota Yoyakarta bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Lomba tersebut diikuti oleh seluruh sekolah di kota Yogyakarta.

Penilaian yang dilakukan oleh tim juri terdiri dari 4 aspek. Aspek kebijakan sekolah yang berwawasan  lingkungan, Aspek kurikulum sekolah berbasis  lingkungan, Aspek kegiatan sekolah berbasis partisipatif, Aspek pengelolaan sarana dan prasarana  pendukung sekolah yang ramah lingkungan.

Puji syukur, pada penilaian pertama Tingkat Kota Yogyakarta, SMP N 7 Yogyakarta berhasil memperoleh juara 1, sehingga berhak untuk mengkuti lomba kembali pada tingkat Provinsi.

Persiapan untuk maju ke tingkat provinsi dilakukan dengan semakin serius, ketua dari Tim Lomba Adiwiyata SMP N 7 Yogyakarta, Bp. Susanto, S.Pd. mencanangkan beberapa progam andalan. Tamanisasi  dilakukan secara indoor dan outdoor dengan penanaman berbagai macam tanaman hias. Pohon-pohon diberi label, serta dilakukan penyediaan tempat sampah yang dibedakan dalam 3 kategori. Sampah kertas, sampah botol, dan sampah organik. 

Peran siswa dibutuhkan dalam berbagai kegiatan, seperti penanaman tabulampot dan berbagai macam tanaman sayuran. Mereka turut dilibatkan pula dalam proses pembuatan pupuk dengan komposter. Progam bank sampah turut digaungkan di dalam kelas. Setiap kelas diharapkan mengumpulkan botol minuman, kertas, kardus, dll untuk ditabung di dalam bank sampah. Hasil dari tabungan tersebut akan menjadi kas kelas yang dapat dipergunakan untuk keperluan kelas.

Dibawah komando dari Wakil Kepala Urusan Kesiswaan, Bp. Muh. Sys, anak OSIS merencanakan progam kegiatan cinta lingkungan. Kegiatan yang dilakukan berupa memelihara tanaman di kelas, dan tiap kelas diberi tanggung jawab terhadap tanaman. Selain itu mereka menjadwalkan patroli membuang sampah agar teman-teman yang belum sadar lingkungan, segera mengikuti aksi cinta lingkungan.

Sedangkan secara administrasi akan dilakukan oleh perpustakaan, guru maupun tata usaha. Perpustakaan berperan dalam menyediakan sumber referensi berupa buku yang berkaitan dengan lingkungan, Guru-guru mengimplementasikan adiwiyata dalam pembelajaran dengan menyelipkan materi tentang pelestarian lingkungan. Tata usaha memasukkan anggaran adiwiyata kedalam anggaran agar dapat memenuhi kebutuhan. (FPS )

Terkait
JUARA CATUR PORGUKAR
24 Okt 2016
22.10.16 – Pekan Olahraga Guru dan Karyawan (PORGUKAR) diselenggarakan dua hari, Sabtu – Minggu, 22 – 23 Oktober 2016. Cabang olahraga yang dipertandingkan meliputi cabor volley putra dan putri, tenis…
Login
Username
Password
Polling
Menurut Anda, bagaimana konten website ini?
Hasil Polling
Menurut Anda, bagaimana konten website ini?
Kurang
181
Cukup
58
Baik
140
Sangat Baik
340
Hubungi kami
Nama
Email
Pesan
SMPN 7 Yogyakarta
Jalan Wiratama 38, Daerah Istimewa Yogyakarta. 55752
Telepon: (0274) 561374
Faksimili: (0274) 561374
Email: smp7yk@gmail.com