Perpustakaan Sekolah Juga Sebagai Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Wawasan Lingkungan Hidup
Perpustakaan Sekolah Juga Sebagai Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Wawasan Lingkungan Hidup
22 Apr 2015

Karya Tulis : Ernawati, SIP.

Perpustakaan  sekolah sebagai salah satu sarana pendidikan penunjang kegiatan belajar siswa memegang peranan yang sangat penting dalam mendorong tercapainya tujuan pendidikan di sekolah.

Dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional yaitu uu no 2 Tahun 1989 (Darmono, 2001:1), sarana penunjang proses kegiatan belajar mengajar dinamakan “sumber daya pendidikan”.

Pendidikan tidak mungkin terselenggara dengan baik apabila para tenaga kependidikan maupun para peserta didik tidak didukung oleh sumber belajar yang diperlukan untuk penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar yang bersangkutan. Salah satu sumber belajar yang amat penting, tetapi bukan satu- satunya adalah perpustakaan.

Perpustakaan adalah kumpulan buku-buku atau tempat buku dihimpun dan diorganisasikan sebagai media belajar siswa. Sedangkan Wafford (1961:1) menerjemahkan perpustakaan sebagai salah satu organisasi sumber belajar yang menyimpan, mengelola, dan memberikan layanan bahan pustaka baik buku maupun non buku kepada masyarakat tertentu maupun masyarakat umum.

Sesuai dengan visi dan misi sekolah , Perpustakaan juga menyediakan berbagai informasi mengenai wawasan lingkungan hidup. Sumber informasi itu berupa buku – buku yang berhubungan dengan lingkungan hidup serta majalah atau bulletin Kalpataru.

Wawasan adalah pandangan sedangkan  lingkungan adalah bulatan yang melingkari dan hidup adalah masih terus ada , bergerak dan bekerja sebagaimana mestinya(tentang manusia, hewan , tumbuh-tumbuhan) dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia (Poerwadarminta, 2003).

Wawasan lingkungan hidup merupakan cara pandang terhadap kesatuan manusia, hewan , tumbuh-tumbuhan , yang masih terus ada bergerak dan bekerja sebagaimana mestinya.

Melalui perpustakaan sekolah, siswa bisa mengambil informasi dari buku dan majalah serta website yang berhubungan dengan lingkungan hidup. Di sekolah kita yang memiliki visi dan misi berwawasan lingkungan secara otomatis pendidikan lingkungan hidup  diimplementasikan pada semua silabus pembelajaran. Sebagai contoh silabus dari mata pelajaran bahasa Indonesia, siswa diminta membuat artikel atau karya ilmiah, pidato, puisi,  slogan, dan poster tentang lingkungan hidup.

Untuk bisa mengerjakan tugas tersebut siswa akan memanfaatkan perpustakaan sebagai pusat informasi.

Dengan demikian, perpustakaan sekolah dapat dijadikan sumber belajar siswa maupun guru dalam mendukung proses belajar mengajar terutama dalam meningkatkan wawasan lingkungan hidup sehingga visi dan misi sekolah kita dapat terlaksana.

 

 

Daftar Pustaka:

Darmono. 2001. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah.Jakarta: Grasindo.

W.J.S Poerwadarminta. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Edisi ketiga.

 Jakarta: Balai Pustaka.

Terkait
MERAIH SUKSES UN 2016, “BERSAMA KITA BISA”
25 Jan 2016
16.01.16  – Pertemuan orangtua/wali siswa kelas IX dengan guru-guru kelas IX SMP Negeri 7 Yogyakarta pengampu mata pelajaran yang di-Uji Nasional (UN)-kan berlangsung balai RW 09,  GOR Segoro Amarto, Tegalrejo…
UJI KEPRAMUKAAN
2 Mei 2016
Tepuk Pramuka!!!!prok prok prok, itulah kata yang sering kita dengar dan lakukan jika mendengar istilah pramuka. Kegiatan pramuka sebagai salah satu ekstrakurikuler wajib diikuti oleh siswa kelas VII. Akhir dari…
KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
24 Agu 2016
Kegiatan ekstrakurikuler  menurut Yudha M. Saputra (1998: 6) adalah kegiatan di luar jam pelajaran sekolah biasa, yang dilakukan di sekolah atau di luar sekolah.  Sedangkan tujuan kegiatan ekstrakurikuler untuk memperluas…
SUKSES UJIAN NASIONAL, UNTUK MERAIH MASA DEPAN YANG GEMILANG
13 Mei 2016
09.05.16 - SMP Negeri 7 Yogyakarta menjadi penyelenggara Ujian Nasional (UN) Berbasis Kertas pada tahun pelajaran 2015/2016 ini. Penyelanggaraan UN ini telah dipersiapkan sejak awal semester genap, baik dalam hal…
ECO MAPPING DI SMP NEGERI 7 YOGYAKARTA
3 Nov 2016
Eco mapping merupakan pengembangan inisiatif sekolah berwawasan lingkungan melalui pemetaan lingkungan. Eco mapping pada dasarnya suatu metode kreatif untuk pengelolaan lingkungan dan model pembelajaran aktif yang melibatkan seluruh elemen sekolah.…
TRY OUT SEBAGAI UPAYA MERAIH SUKSES UJIAN NASIONAL
23 Mar 2016
Try out merupakan program sekolah urusan kurikulum yang sudah disosialisasikan kepada wali siswa. Try out diikuti oleh semua siswa kelas IX karena kegiatan ini bertujuan untuk mengukur tingkat kemampuan siswa…
Ajang Promosi Ekstrakurikuler untuk Siswa Baru
8 Agu 2015
Sabtu (8/8-2015), SMP N 7 Yogyakarta menggelar penjaringan ekstrakurikuler ( ekskul ), yang diadakan setiap awal tahun pelajaran setelah siswa kelas 7 mengikuti Masa Orientasi Siswa (MOS). Kegiatan ini diadakan…
Bimbingan Klinis Ujian Nasional
17 Peb 2016
Psikologis klinis menurut Witemer tahun 1912 adalah metode yang digunakan untuk mengubah atau mengembangkan jiwa seseorang berdasarkan hasil observasi dan eksperimen dengan menggunakan teknik pedagogis. Dalam hal ini, memiliki orientasi…
Serunya Outbound Pengurus OSIS 2015/2016
11 Jan 2016
09.01.16 –Dalam rangka meningkatkan ketrampilan keorganisasian, Pengurus OSIS baru periode 2015/2016 mengikuti kegiatan outbound di Desa wisata Mata Air Teplok, Cangkringan, Sleman. Outbond ini bertujuan untuk melatih kerjasam, disiplin, tanggung…
EKTRAKURIKULER SEBAGAI WADAH PENGEMBANGAN DIRI
9 Jan 2018
Ekstrakurikuler (ekskul) merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh para siswa sekolah di luar jam belajar. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kepribadian, bakat, kemampuan, dan hubungan sosial siswa di luar bidang…
Login
Username
Password
Polling
Menurut Anda, bagaimana konten website ini?
Hasil Polling
Menurut Anda, bagaimana konten website ini?
Kurang
191
Cukup
61
Baik
152
Sangat Baik
358
Hubungi kami
Nama
Email
Pesan
SMPN 7 Yogyakarta
Jalan Wiratama 38, Daerah Istimewa Yogyakarta. 55752
Telepon: (0274) 561374
Faksimili: (0274) 561374
Email: smp7yk@gmail.com