Tes Pemantapan Persiapan Ujian (TPPU) Tahap II merupakan kelanjutan dari TPPU Tahap I yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kegiatan ini masih dalam rangka mengukur tingkat kemampuan siswa SMP/MTs se-DIY yang meliputi Kabupaten Gunung Kidul, Bantul, Sleman, Kulon Progo, dan Kota Yogyakarta dalam persiapan menempuh ujian nasional. Adapun tujuan dari latihan ini adalah sebagai uji coba atau langkah awal bagi siswa sebelum menempuh ujian nasional. Jika ditemukan kekurangan maka, segera dapat ditentukan solusinya.
TPPU SMP/ MTs Tahap II se-DIY dilaksanakan selama empat hari yaitu Rabu, 30 Maret 2016, Kamis, 31 Maret 2016, Jum’at, 1 April 2016, dan Sabtu, 2 April 2016. Dalam sehari diujikan satu mata pelajaran dengan alokasi waktu masing-masing mata pelajaran 120 menit (07.30-09.30). Secara berturut-turut mata pelajaran yang diujikan meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Ingggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Dalam TPPU ini, tiap soal terdiri atas empat paket soal.
TPPU ini menggunakan ruang kelas VII ABCDEF dan ruang kelas VIII ABCDE. Seluruhnya menggunakan 11 ruang. Ruang 1 sampai dengan 9 ditempati 20 siswa. Ruang 10 ditempati 10 siswa dan ruang 11 ditempati 12 siswa. Posisi tempat duduk siswa diatur sesuai dengan ketentuan dari BSNP sehingga sama dengan posisi duduk pada waktu dilaksanakannya ujian nasional. Demikian juga dengan pembagian soal kepada siswa disesuaikan dengan denah pembagian soal dari dinas pendidikan DIY.
Hasil dari TPPU SMP/ MTs se-DIY, SMP Negeri 7 Yogyakarta mendapat peringkat ke-29 dari SMP/ MTs se-DIY,sedangkan untuk SMP Negeri se-Kota Yogyakarta mendapat peringkat ke-9. Nilai rata-rata yang dicapai tiap mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia 69,99; Matematika 62,95; Bahasa Inggris 69,84; Ilmu Pengetahuan Alam 65,47. Jumlah nilai empat mata pelajaran 268,25 sehingga nilai rata-ratanya 67,06. Dengan hasil ini, SMP Negeri 7 Yogyakarta masih harus bekerja keras untuk mencapai targetnya. Nilai dari tiap mata pelajaran dianalisis untuk memperoleh jawaban atas pertanyaan apa, mengapa serta bagaimana. Jawaban yang diperoleh digunakan untuk merumuskan solusi agar nilai rata-rata semua mata pelajaran sesuai dengan yang ditargetkan sekolah. (rn)