WORKSHOP PENILAIAN PERMEN NOMOR 53 TAHUN 2015
WORKSHOP PENILAIAN PERMEN NOMOR 53 TAHUN 2015
4 Jun 2016

SMP Negeri 7 Yogyakarta menyelenggarakan Workshop Penilain Hasil Belajar Siswa sesuai dengan Permen 53 Tahun 2015 pada hari Jumat, 3 Juni 2016. Workshop  dengan nara sumber pengawas pendidikan kota Yogyakarta, Drs. Nur Widayat, M.Pd. ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru khususnya dalam penilaian proses dan hasil belajar siswa. Dalam workshop ini, guru diharapkan dapat lebih memahami cara menilai proses dan hasil belajar siswa yang lebih komprehensif.

Hadirnya Permen nomor 53 tahun 2015 tentang penilaian memberi wawasan baru bagaimana cara melaporkan proses dan hasil belajar siswa yang lebih konkret dan valid. Jika selama ini penilaian hasil belajar siswa hanya diutamakan  pada aspek kognitif, penilaian dengan cara baru ini dicakup tiga aspek utama yaitu pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotorik), dan aspek sikap (sosial dan spiritual).

Penilaian kognitif dilakukan dengan tes tulis, lisan, dan tugas. Penilaian keterampilan dilakukan dengan praktik untuk mengimplementasikan pengetahuan yang telah dikuasai. Dengan praktik, guru dapat mengetahui secara langsung apakah pengetahuan yang diketahui siswa hanya sebatas pengetahuan saja (teoritis) atau benar-benar telah menguasai sampai dengan tingkat keterampilannya (praktis). Penilaian sikap dilakukan dengan observasi, penilaian diri, penilaian antarsesama peserta didik, dan portofolio.

Penilaian sikap ini menjadi sangat penting karena dari sinilah penanaman karakter siswa dapat diikuti perkembangannya. Pengetahuan dan keterampilan yang dikuasai siswa menjadi tidak berarti jika dalam implementasinya tidak didasari dengan sikap sosial dan spiritual yang baik dan kuat.

Drs. Nur Widayat, M. Pd. dalam paparannya mengatakan bahwa penilaian sikap dengan observasi dilakukan dengan penilaian autentik maksudnya setiap kali tatap muka, guru mengamati perilaku siswa dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Selama proses KBM berlangsung, guru  mengamati siswa yang berlaku pasif, aktif, sangat aktif, atau menyimpang untuk memberi nilai yang berbeda sesuai dengan perilaku dan tutur katanya. Penilaian yang kontinyu ini memungkinkan guru memantau pasang-surutnya perkembangan sikap siswa secara objektif. 

Penilaian antarteman dilakukan dengan menjawab pertanyaan (angket) yang disiapkan guru. Selain itu, siswa dapat melaporkan aktivitas teman yang telah mengimplementasikan sikap sosial dan spiritual secara positif (membantu/menolong orang lain, dll) atau yang negatif (membolos, merokok, mencelakai/mencelakakan, dll) orang lain untuk diberi nilai oleh guru atau walikelas.

 Penilaian dengan tiga aspek ini dapat memberi gambaran yang lebih konkret tentang diri siswa secara menyeluruh. Orang tua atau wali siswa mendapat laporan perkembangan proses dan  hasil belajar siswa yang lebih jelas. Saran dan masukan dari sekolah yang tertera dalam raport dapat menjadi pertimbangan untuk pembinaan anak selanjutnya. (st)

Terkait
Kampanye Literasi
7 Des 2018
Dunia industri dan perdagangan tidak dapat lepas dari iklan. Untuk menginformasikan dan menawarkan suatu produk atau jasa, iklan mutlak diperlukan. Dengan iklan, masyarakat menjadi tahu hadirnya suatu produk atau jasa…
70 tahun Indonesia Merdeka
17 Agu 2015
Senin (17/8-2015), SMPN 7 Yk mengadakan upacara bendera. Upacara dilaksanakan dalam rangka memperingati Kemerdekaan Indonesia yang ke 70. Pagi hari tepat pukul 07.00 siswa kelas 7 hingga kelas 9 telah…
PELANTIKAN DEWAN PENGGALANG PRAMUKA
31 Okt 2016
             Dalam rangka peningkatan kualitas gerakan pramukan di gugus depan 01025-01026 pangkalan SMP Negeri 7 Yogyakarta dilaksanakan pelantikan penggalang rakit dan penggalang. Dalam kesempatan itu…
KUNJUNGAN KE MUSEUM BENTENG VREDEBURG
13 Okt 2016
Museum merupakan salah satu pusat penyedia layanan informasi bagi pengunjung. Museum menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, adalah gedung yang digunakan sebagai tempat untuk pameran tetap benda-benda yang patut mendapat perhatian…
PENDAMPINGAN ON CLUSTER SMP NEGERI 7 YOGYAKARTA
1 Nov 2016
Kurikulum  2013 mulai dilaksanakan secara terbatas dan bertahap pada tahun pelajaran 2013/ 2014. Untuk tahun ini, guru mata pelajaran yang mengampu kelas VII SMP Negeri 7 Yogyakarta mendapatkan pendampingan sekolah…
KUNJUNGAN KERJA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN DHARMASRAYA DI SMP NEGERI 7 YOGYAKARTA
5 Jan 2018
SMP Negeri 7 Yogyakarta menerima kunjungan kerja dari Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat pada hari Kamis, 30 November 2017, pukul 13.00 WIB. Kunjungan kerja tersebut diikuti oleh 32 peserta,…
SMP NEGERI 7 YOGYAKARTA GOES TO BALI
7 Apr 2016
06.04.16 - Wajah bahagia, ceria terlihat di wajah para siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Yogyakarta yang akan berangkat ke Bali dalam rangka study tour . Wajarlah begitu, Bali merupakan destinasi…
KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
28 Jul 2016
Kegiatan ekstrakurikuler  menurut Yudha M. Saputra (1998: 6) adalah kegiatan di luar jam pelajaran sekolah biasa, yang dilakukan di sekolah atau di luar sekolah.  Sedangkan tujuan kegiatan ekstrakurikuler untuk memperluas…
Menjalin Hubungan Dengan Orang tua Siswa Melalui Pembentukan Komite Tidak Tetap
29 Agu 2015
Sabtu, 29 Agustus 2015 SMP Negeri 7 Yogyakarta kembali mengundang orang tua/wali peserta didik kelas 7. Acara pertemuan diadakan untuk penyampaian program sekolah dan pembentukan komite tidak tetap periode tahun…
Login
Username
Password
Polling
Menurut Anda, bagaimana konten website ini?
Hasil Polling
Menurut Anda, bagaimana konten website ini?
Kurang
195
Cukup
65
Baik
157
Sangat Baik
376
Hubungi kami
Nama
Email
Pesan
SMPN 7 Yogyakarta
Jalan Wiratama 38, Daerah Istimewa Yogyakarta. 55752
Telepon: (0274) 561374
Faksimili: (0274) 561374
Email: smp7yk@gmail.com