WORKSHOP PENILAIAN PERMEN NOMOR 53 TAHUN 2015
WORKSHOP PENILAIAN PERMEN NOMOR 53 TAHUN 2015
4 Jun 2016

SMP Negeri 7 Yogyakarta menyelenggarakan Workshop Penilain Hasil Belajar Siswa sesuai dengan Permen 53 Tahun 2015 pada hari Jumat, 3 Juni 2016. Workshop  dengan nara sumber pengawas pendidikan kota Yogyakarta, Drs. Nur Widayat, M.Pd. ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru khususnya dalam penilaian proses dan hasil belajar siswa. Dalam workshop ini, guru diharapkan dapat lebih memahami cara menilai proses dan hasil belajar siswa yang lebih komprehensif.

Hadirnya Permen nomor 53 tahun 2015 tentang penilaian memberi wawasan baru bagaimana cara melaporkan proses dan hasil belajar siswa yang lebih konkret dan valid. Jika selama ini penilaian hasil belajar siswa hanya diutamakan  pada aspek kognitif, penilaian dengan cara baru ini dicakup tiga aspek utama yaitu pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotorik), dan aspek sikap (sosial dan spiritual).

Penilaian kognitif dilakukan dengan tes tulis, lisan, dan tugas. Penilaian keterampilan dilakukan dengan praktik untuk mengimplementasikan pengetahuan yang telah dikuasai. Dengan praktik, guru dapat mengetahui secara langsung apakah pengetahuan yang diketahui siswa hanya sebatas pengetahuan saja (teoritis) atau benar-benar telah menguasai sampai dengan tingkat keterampilannya (praktis). Penilaian sikap dilakukan dengan observasi, penilaian diri, penilaian antarsesama peserta didik, dan portofolio.

Penilaian sikap ini menjadi sangat penting karena dari sinilah penanaman karakter siswa dapat diikuti perkembangannya. Pengetahuan dan keterampilan yang dikuasai siswa menjadi tidak berarti jika dalam implementasinya tidak didasari dengan sikap sosial dan spiritual yang baik dan kuat.

Drs. Nur Widayat, M. Pd. dalam paparannya mengatakan bahwa penilaian sikap dengan observasi dilakukan dengan penilaian autentik maksudnya setiap kali tatap muka, guru mengamati perilaku siswa dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Selama proses KBM berlangsung, guru  mengamati siswa yang berlaku pasif, aktif, sangat aktif, atau menyimpang untuk memberi nilai yang berbeda sesuai dengan perilaku dan tutur katanya. Penilaian yang kontinyu ini memungkinkan guru memantau pasang-surutnya perkembangan sikap siswa secara objektif. 

Penilaian antarteman dilakukan dengan menjawab pertanyaan (angket) yang disiapkan guru. Selain itu, siswa dapat melaporkan aktivitas teman yang telah mengimplementasikan sikap sosial dan spiritual secara positif (membantu/menolong orang lain, dll) atau yang negatif (membolos, merokok, mencelakai/mencelakakan, dll) orang lain untuk diberi nilai oleh guru atau walikelas.

 Penilaian dengan tiga aspek ini dapat memberi gambaran yang lebih konkret tentang diri siswa secara menyeluruh. Orang tua atau wali siswa mendapat laporan perkembangan proses dan  hasil belajar siswa yang lebih jelas. Saran dan masukan dari sekolah yang tertera dalam raport dapat menjadi pertimbangan untuk pembinaan anak selanjutnya. (st)

Terkait
Saatnya OSIS melatih Kekompakan Dengan Rafting
23 Agu 2015
Minggu (23/8-2015), OSIS SMP N 7 Yk mengikuti kegiatan yang bertujuan untuk memecahkan masalah, melatih kekompakan, dan kerjasama melalui arung jeram atau biasa disebut dengan rafting. Rafting dilakukan di sungai…
HUT SMPN 7 Yogyakarta
5 Sep 2016
03.09.16 – Ulang tahun SMPN 7 Yk yang jatuh pada tanggal 2 September 2016 dirayakan oleh seluruh warga sekolah hari ini. Acara yang digelar di halaman GOR Segara Amarta berlangsung…
HUT ke 53 Bertajuk Berkarya Berbasis Budaya
2 Sep 2015
HUT ke 53 Bertajuk Berkarya Berbasis Budaya Rabu (2/9-2015), SMP N 7 Yogyakarta memperingati hari ulang tahun yang ke 53. Kali ini ulang tahun dikemas oleh OSIS dengan mengambil tema…
KUNJUNGAN MKKS KALIMANTAN TENGAH
6 Peb 2018
15.1.18 – SMP N 7 Yogyakarta mengawali awal tahun dengan menerima kunjungan dari Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dari Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). MKKS Kalteng bersama dengan Dinas Pendidikan Provinsi…
Doa Bersama Menjelang Ujian Nasional
4 Mei 2016
03.05.16 - Doa bersama diadakan menjelang Ujian Nasional (tanggal 9 - 12 Mei 2016) di pendopo Monumen Diponegoro, Tegalrejo. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 9 dengan  orang tuanya,…
Pembelajaran Karakter Melalui Peringatan Isra’ Miraj
15 Mei 2015
Jumat, 15 Mei 2015, berdekatan dengan peringatan Isra’ Miraj, segenap civitas akademika dan stakeholder SMP Negeri 7 Yogyakarta memperingati perjalanan satu malam Nabi Muhammad SAW. Peringatan hari besar keagamaan semacam ini…
LATIHAN UJIAN NASIONAL SMP/ MTs TAHAP I KOTA YOGYAKARTA
23 Mar 2016
Latihan ujian nasional merupakan salah satu agenda kegiatan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dalam rangka mengukur tingkat kemampuan siswa SMP/MTs se-kota Yogyakarta dalam persiapan     menempuh ujian nasional. Adapun tujuan dari  latihan…
Mengenal Eco-mapping Bersama Badan Lingkungan Hidup
14 Jan 2016
12.01.2016 – Sejumlah 40 siswa SMP N 7 Yogyakarta yang terdiri dari anggota Pengurus OSIS dan perwakilan  setiap kelas mengikuti kegiatan eco-mapping. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kesadaran tentang pelestarian…
KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
28 Jul 2016
Kegiatan ekstrakurikuler  menurut Yudha M. Saputra (1998: 6) adalah kegiatan di luar jam pelajaran sekolah biasa, yang dilakukan di sekolah atau di luar sekolah.  Sedangkan tujuan kegiatan ekstrakurikuler untuk memperluas…
Login
Username
Password
Polling
Menurut Anda, bagaimana konten website ini?
Hasil Polling
Menurut Anda, bagaimana konten website ini?
Kurang
194
Cukup
64
Baik
154
Sangat Baik
369
Hubungi kami
Nama
Email
Pesan
SMPN 7 Yogyakarta
Jalan Wiratama 38, Daerah Istimewa Yogyakarta. 55752
Telepon: (0274) 561374
Faksimili: (0274) 561374
Email: smp7yk@gmail.com