WORKSHOP PENILAIAN PERMEN NOMOR 53 TAHUN 2015
WORKSHOP PENILAIAN PERMEN NOMOR 53 TAHUN 2015
4 Jun 2016

SMP Negeri 7 Yogyakarta menyelenggarakan Workshop Penilain Hasil Belajar Siswa sesuai dengan Permen 53 Tahun 2015 pada hari Jumat, 3 Juni 2016. Workshop  dengan nara sumber pengawas pendidikan kota Yogyakarta, Drs. Nur Widayat, M.Pd. ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru khususnya dalam penilaian proses dan hasil belajar siswa. Dalam workshop ini, guru diharapkan dapat lebih memahami cara menilai proses dan hasil belajar siswa yang lebih komprehensif.

Hadirnya Permen nomor 53 tahun 2015 tentang penilaian memberi wawasan baru bagaimana cara melaporkan proses dan hasil belajar siswa yang lebih konkret dan valid. Jika selama ini penilaian hasil belajar siswa hanya diutamakan  pada aspek kognitif, penilaian dengan cara baru ini dicakup tiga aspek utama yaitu pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotorik), dan aspek sikap (sosial dan spiritual).

Penilaian kognitif dilakukan dengan tes tulis, lisan, dan tugas. Penilaian keterampilan dilakukan dengan praktik untuk mengimplementasikan pengetahuan yang telah dikuasai. Dengan praktik, guru dapat mengetahui secara langsung apakah pengetahuan yang diketahui siswa hanya sebatas pengetahuan saja (teoritis) atau benar-benar telah menguasai sampai dengan tingkat keterampilannya (praktis). Penilaian sikap dilakukan dengan observasi, penilaian diri, penilaian antarsesama peserta didik, dan portofolio.

Penilaian sikap ini menjadi sangat penting karena dari sinilah penanaman karakter siswa dapat diikuti perkembangannya. Pengetahuan dan keterampilan yang dikuasai siswa menjadi tidak berarti jika dalam implementasinya tidak didasari dengan sikap sosial dan spiritual yang baik dan kuat.

Drs. Nur Widayat, M. Pd. dalam paparannya mengatakan bahwa penilaian sikap dengan observasi dilakukan dengan penilaian autentik maksudnya setiap kali tatap muka, guru mengamati perilaku siswa dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Selama proses KBM berlangsung, guru  mengamati siswa yang berlaku pasif, aktif, sangat aktif, atau menyimpang untuk memberi nilai yang berbeda sesuai dengan perilaku dan tutur katanya. Penilaian yang kontinyu ini memungkinkan guru memantau pasang-surutnya perkembangan sikap siswa secara objektif. 

Penilaian antarteman dilakukan dengan menjawab pertanyaan (angket) yang disiapkan guru. Selain itu, siswa dapat melaporkan aktivitas teman yang telah mengimplementasikan sikap sosial dan spiritual secara positif (membantu/menolong orang lain, dll) atau yang negatif (membolos, merokok, mencelakai/mencelakakan, dll) orang lain untuk diberi nilai oleh guru atau walikelas.

 Penilaian dengan tiga aspek ini dapat memberi gambaran yang lebih konkret tentang diri siswa secara menyeluruh. Orang tua atau wali siswa mendapat laporan perkembangan proses dan  hasil belajar siswa yang lebih jelas. Saran dan masukan dari sekolah yang tertera dalam raport dapat menjadi pertimbangan untuk pembinaan anak selanjutnya. (st)

Terkait
Pemantapan Rasa Cinta Tanah Air Untuk OSIS
15 Apr 2015
Untuk meningkatkan rasa cinta tanah air, sejumlah 5 siswa perwakilan dari OSIS Wiratama mengikuti seminar pemantapan rasa cinta tanah air yang diselenggarakan oleh Kantor Kesatuan Bangsa. Kegiatan tersebut di langsungkan…
PENGUMUMAN KELULUSAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016
10 Jun 2016
SISWA SMPN 7 YOGYAKARTA YANG TERDIRI DARI 86 LAKI-LAKI DAN 116 PEREMPUAN DINYATAKAN LULUS SELURUHNYA.   Nilai dapat dilihat pada link dibawah ini  http://smpn7yogyakarta.sch.id/public/file/9327b398a3bc0894e321e63f518eaf34.pdf
70 tahun Indonesia Merdeka
17 Agu 2015
Senin (17/8-2015), SMPN 7 Yk mengadakan upacara bendera. Upacara dilaksanakan dalam rangka memperingati Kemerdekaan Indonesia yang ke 70. Pagi hari tepat pukul 07.00 siswa kelas 7 hingga kelas 9 telah…
Pembelajaran Karakter Melalui Peringatan Isra’ Miraj
15 Mei 2015
Jumat, 15 Mei 2015, berdekatan dengan peringatan Isra’ Miraj, segenap civitas akademika dan stakeholder SMP Negeri 7 Yogyakarta memperingati perjalanan satu malam Nabi Muhammad SAW. Peringatan hari besar keagamaan semacam ini…
Pembelajaran Secara Visualisasi dan Praktik dengan Outdoor Study
18 Jan 2018
12.12.2017 - Bus kota yang berjumlah 14 siap mengangkut 2 rombongan pembelajar SMP Negeri 7 Yogyakarta untuk melakukan kegiatan outdoor study. Dua rombongan menuju objek studi yang berbeda. Rombongan I…
KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
24 Agu 2016
Kegiatan ekstrakurikuler  menurut Yudha M. Saputra (1998: 6) adalah kegiatan di luar jam pelajaran sekolah biasa, yang dilakukan di sekolah atau di luar sekolah.  Sedangkan tujuan kegiatan ekstrakurikuler untuk memperluas…
SOSIALISASI PENANGGULANGAN BENCANA
23 Mei 2016
20.05.16 - Peristiwa gempa bumi di Yogyakarta dan sekitarnya 27 Mei 2006 tidak akan pernah bisa dilupakan. Akibat yang ditimbulkannya sungguh amat mengerikan. Entah berapa ribu nyawa melayang, berapa ribu…
Selamat Datang Peserta Didik Baru
23 Jul 2015
Hari pertama masuk Tahun Pelajaran2015/2016 adalah 27 Juli 2015. Bagi peserta didik baru tahun pelajaran 2015/2016 diawali dengan MOPB (Masa Orientasi Peserta Didik Baru), yaitu pada tanggal 27, 28 dan…
PEKAN AKHIR RAMADHAN
24 Jun 2016
Kegiatan Pekan Akhir Ramadhan dilaksanakan pada hari Rabu – Kamis, 22 – 23 Juni 2016. Kegiatan untuk kelas VII dan VIII ini diisi dengan bermacam-macam lomba. Semua lomba yang dipilih…
Login
Username
Password
Polling
Menurut Anda, bagaimana konten website ini?
Hasil Polling
Menurut Anda, bagaimana konten website ini?
Kurang
191
Cukup
61
Baik
152
Sangat Baik
358
Hubungi kami
Nama
Email
Pesan
SMPN 7 Yogyakarta
Jalan Wiratama 38, Daerah Istimewa Yogyakarta. 55752
Telepon: (0274) 561374
Faksimili: (0274) 561374
Email: smp7yk@gmail.com