Sekolah SMP Negeri 7 Yogyakarta memiliki karakteristik sebagai sekolah yang berwawasan lingkungan hidup. Karakteristik tersebut tertulis dalam visi dan misi sekolah. Sebagai sekolah yang memiliki karakteristik berwawasan lingkungan hidup, pendidikan dan pembelajarannya tentu saja membangun karakter siswa untuk bisa mencintai lingkungan hidup.
Karakter merupakan sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain atau tabiat. Sekolah sebagai bangunan atau lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran sesuai tingkatannya. Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan atau proses mendidik. dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa (Depdiknas, 2008).
Wawasan adalah pandangan sedangkan lingkungan adalah bulatan yang melingkari dan hidup adalah masih terus ada , bergerak dan bekerja sebagaimana mestinya(tentang manusia, hewan , tumbuh-tumbuhan) dalam Kamus Umum Bahasa
Pendidikan berwawasan lingkungan hidup merupakan proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam memandang terhadap kesatuan manusia, hewan , tumbuh-tumbuhan , yang masih terus ada bergerak dan bekerja sebagaimana mestinya.
Di sekolah ini, siswa dididik dan diajar agar terbangun karakter cinta lingkungan hidup. Proses pengajaran dan pendidikan dilakukan secara teoritis maupun praktik. Pendidikan secara teoritis dilakukan dengan mengimplementasian materi lingkungan hidup ke dalam silabus semua mata pelajaran, sedangkan secara praktik melalui pembudayaan seperti budaya smutlis, piket kelas, petugas 7K, budaya menempatkan sampah pada tempatnya, budaya hemat air dan listrik, adanya area bebas rokok, serta lainnya. Proses mendidik dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan dalam waktu yang cukup lama. Dengan proses tersebut siswa akan paham arti pentingnya lingkungan hidup.
Keteladanan dari tenaga kependidikan dalam tindakan mencintai lingkungan tidak kalah pentingnya dalam proses pembentukan karakter. Melalui pendidikan, pengajaran dan keteladanan, karakter siswa terbangun sehingga sikap dan tindakan cinta lingkungan hidup dilakukan dengan penuh kesadaran.
Dengan demikian, pendidikan berwawasan lingkungan hidup yang diperoleh siswa akan mampu membangun karakter cinta lingkungan. Pendidikan yang dilaksanakan secara berkesinambungan akan semakin memperkuat karakter siswa sampai kelak dewasa. Kondisi demikian memberikan harapan yang besar bahwa visi dan misi sekolah dapat terlaksana dan karakteristik sekolah SMP Negeri 7 Yogyakarta sebagai sekolah yang berwawasan lingkungan hidup di kota Yogyakarta dapat terus dipertahankan dan dikembangkan.(Ernawati)
Daftar Pustaka:
Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi keempat.
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
W.J.S Poerwadarminta. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Edisi ketiga.
Jakarta: Balai Pustaka.