MEMBANGUN KARAKTER SISWA DENGAN PENDIDIKAN BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP
MEMBANGUN KARAKTER SISWA DENGAN PENDIDIKAN BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP
11 Jun 2015

Sekolah SMP Negeri  7 Yogyakarta  memiliki karakteristik sebagai sekolah yang berwawasan lingkungan hidup. Karakteristik tersebut tertulis dalam visi dan misi sekolah. Sebagai sekolah yang  memiliki karakteristik berwawasan lingkungan hidup, pendidikan dan pembelajarannya tentu saja membangun karakter siswa untuk bisa mencintai lingkungan hidup.

Karakter merupakan sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain atau tabiat. Sekolah sebagai  bangunan atau lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi  pelajaran sesuai tingkatannya. Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan  manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan atau proses mendidik. dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa (Depdiknas, 2008).

Wawasan adalah pandangan sedangkan  lingkungan adalah bulatan yang melingkari dan hidup adalah masih terus ada , bergerak dan bekerja sebagaimana mestinya(tentang manusia, hewan , tumbuh-tumbuhan) dalam Kamus Umum Bahasa

Pendidikan berwawasan lingkungan hidup merupakan proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang  dalam memandang terhadap kesatuan manusia, hewan , tumbuh-tumbuhan , yang masih terus ada bergerak dan bekerja sebagaimana mestinya.

Di sekolah ini, siswa dididik dan diajar agar terbangun karakter cinta lingkungan hidup. Proses pengajaran dan pendidikan dilakukan secara teoritis maupun praktik. Pendidikan secara teoritis dilakukan dengan mengimplementasian materi lingkungan hidup ke dalam silabus semua mata pelajaran, sedangkan secara praktik melalui pembudayaan seperti budaya smutlis, piket kelas, petugas 7K, budaya menempatkan sampah pada tempatnya, budaya hemat air dan listrik, adanya area bebas rokok, serta lainnya. Proses mendidik dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan dalam waktu yang cukup lama. Dengan proses tersebut  siswa akan paham arti pentingnya lingkungan hidup.

Keteladanan dari tenaga kependidikan dalam tindakan mencintai lingkungan tidak kalah pentingnya dalam proses pembentukan karakter. Melalui pendidikan, pengajaran dan keteladanan, karakter siswa terbangun sehingga sikap dan tindakan cinta lingkungan hidup dilakukan dengan penuh kesadaran.

Dengan demikian, pendidikan berwawasan lingkungan hidup yang diperoleh siswa  akan mampu membangun karakter cinta lingkungan. Pendidikan yang dilaksanakan secara berkesinambungan akan semakin memperkuat karakter siswa sampai kelak dewasa. Kondisi demikian memberikan harapan yang besar bahwa visi dan misi sekolah dapat terlaksana dan karakteristik sekolah SMP Negeri 7 Yogyakarta sebagai sekolah yang berwawasan lingkungan hidup  di kota Yogyakarta dapat terus dipertahankan dan dikembangkan.(Ernawati)

Daftar Pustaka:

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi keempat.

 Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

W.J.S Poerwadarminta. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Edisi ketiga.

 Jakarta: Balai Pustaka.

Terkait
Sebuah Catatan tentang Arti Kebersamaan
19 Apr 2016
Empat tahun sudah terhitung sejak 28 Desember 2012 hingga 6 April 2016, SMPN 7 Yogyakarta terus maju bersama Kepala Sekolah yang tak sekedar cantik, tapi juga lincah dan cerdas, Dra.…
Rapat Koordinasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)
13 Agu 2019
Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah adalah suatu kesatuan unsur yang terdiri atas organisasi, kebijakan, dan proses terpadu yang mengatur segala kegiatan untuk meningkatkan mutu Pendidikan Dasar dan Menengah…
Pameran dan Pagelaran Seni Budaya
26 Des 2015
19.12.16 – Pameran dan pergelaran seni  budaya karya siswa kelas VIII dan IX SMP Negeri 7 Yogyakarta  digelar bersamaan dengan penyerahan laporan hasil belajar siswa semester I (rapot) kepada orangtua/wali…
Latihan PASKIBRA
8 Agu 2016
06.08.16 - Pasukan Baris-Berbaris (PBB) SMPN 7 Yogyakarta berlatih intensif di bawah bimbingan Jarot Himawan Vishnumurti. Pasukan beranggota 45 siswa ini terdiri atas siswa kelas 7, 8, dan 9 melakukan…
KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
28 Jul 2016
Kegiatan ekstrakurikuler  menurut Yudha M. Saputra (1998: 6) adalah kegiatan di luar jam pelajaran sekolah biasa, yang dilakukan di sekolah atau di luar sekolah.  Sedangkan tujuan kegiatan ekstrakurikuler untuk memperluas…
Pembentukan Karakter melalui Pembinaan Iman dan Taqwa
15 Jun 2016
15.06.16 - Kegiatan pembinaan iman dan taqwa diadakan untuk siswa muslim kelas VIII. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali siswa dengan ilmu agama dalam menjalani kehidupan di tengah masyarakat. Tepat pukul…
Sosialisasi Pengisian E-Fin oleh KPP Pratama
4 Mar 2016
Pajak merupakan salah satu sumber pendapatan negara yang akan digunakan untuk pembangunan. Oleh karena itu, setiap wajib pajak  harus memenuhi kewajibannya membayar pajak agar negara dapat membiayai pembangunan. Untuk memenuhi…
Melatih Kemandirian dan Membangun Kebersamaan Dengan Uji Kepramukaan
21 Jun 2015
1 hari setelah Ujian Nasional diselenggarakan, siswa siswi kelas 7 mengikuti kegiatan Uji Kepramukaan berupa Kemah. Uji Kepramukaan kelas 7 berlokasi di Bumi Perkemahan Sopa Anom yang beralamat di  Desa…
Pesta Demokrasi Pemilihan Pengurus OSIS Periode 2015/2016
8 Des 2015
24.11.15 - Pesta demokrasi dilakukan oleh seluruh siswa SMPN 7 Yogyakarta dalam ajang pemilihan Pengurus OSIS periode 2015/2016. Pemilihan ini dilakukan untuk menggantikan Pengurus OSIS Periode 2014/2015 yang telah purna…
Akal Mading Wiratama
19 Agu 2019
Menyambut Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMP N 7 Yogyakarta menyelenggarakan lomba majalah dinding (mading) bertajuk “Apresiasi Kegiatan Literasi Mading Wiratama”.  Lomba yang…
Berita Siswa
Login
Username
Password
Polling
Menurut Anda, bagaimana konten website ini?
Hasil Polling
Menurut Anda, bagaimana konten website ini?
Kurang
210
Cukup
74
Baik
168
Sangat Baik
432
Hubungi kami
Nama
Email
Pesan
SMPN 7 Yogyakarta
Jalan Wiratama 38, Daerah Istimewa Yogyakarta. 55752
Telepon: (0274) 561374
Faksimili: (0274) 561374