Lomba dalam rangka memperingati HUT Kota Yogyakarta ke-265 dan Bulan Bahasa
WORKSHOP PENILAIAN PERMEN NOMOR 53 TAHUN 2015
WORKSHOP PENILAIAN PERMEN NOMOR 53 TAHUN 2015
4 Jun 2016

SMP Negeri 7 Yogyakarta menyelenggarakan Workshop Penilain Hasil Belajar Siswa sesuai dengan Permen 53 Tahun 2015 pada hari Jumat, 3 Juni 2016. Workshop  dengan nara sumber pengawas pendidikan kota Yogyakarta, Drs. Nur Widayat, M.Pd. ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru khususnya dalam penilaian proses dan hasil belajar siswa. Dalam workshop ini, guru diharapkan dapat lebih memahami cara menilai proses dan hasil belajar siswa yang lebih komprehensif.

Hadirnya Permen nomor 53 tahun 2015 tentang penilaian memberi wawasan baru bagaimana cara melaporkan proses dan hasil belajar siswa yang lebih konkret dan valid. Jika selama ini penilaian hasil belajar siswa hanya diutamakan  pada aspek kognitif, penilaian dengan cara baru ini dicakup tiga aspek utama yaitu pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotorik), dan aspek sikap (sosial dan spiritual).

Penilaian kognitif dilakukan dengan tes tulis, lisan, dan tugas. Penilaian keterampilan dilakukan dengan praktik untuk mengimplementasikan pengetahuan yang telah dikuasai. Dengan praktik, guru dapat mengetahui secara langsung apakah pengetahuan yang diketahui siswa hanya sebatas pengetahuan saja (teoritis) atau benar-benar telah menguasai sampai dengan tingkat keterampilannya (praktis). Penilaian sikap dilakukan dengan observasi, penilaian diri, penilaian antarsesama peserta didik, dan portofolio.

Penilaian sikap ini menjadi sangat penting karena dari sinilah penanaman karakter siswa dapat diikuti perkembangannya. Pengetahuan dan keterampilan yang dikuasai siswa menjadi tidak berarti jika dalam implementasinya tidak didasari dengan sikap sosial dan spiritual yang baik dan kuat.

Drs. Nur Widayat, M. Pd. dalam paparannya mengatakan bahwa penilaian sikap dengan observasi dilakukan dengan penilaian autentik maksudnya setiap kali tatap muka, guru mengamati perilaku siswa dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Selama proses KBM berlangsung, guru  mengamati siswa yang berlaku pasif, aktif, sangat aktif, atau menyimpang untuk memberi nilai yang berbeda sesuai dengan perilaku dan tutur katanya. Penilaian yang kontinyu ini memungkinkan guru memantau pasang-surutnya perkembangan sikap siswa secara objektif. 

Penilaian antarteman dilakukan dengan menjawab pertanyaan (angket) yang disiapkan guru. Selain itu, siswa dapat melaporkan aktivitas teman yang telah mengimplementasikan sikap sosial dan spiritual secara positif (membantu/menolong orang lain, dll) atau yang negatif (membolos, merokok, mencelakai/mencelakakan, dll) orang lain untuk diberi nilai oleh guru atau walikelas.

 Penilaian dengan tiga aspek ini dapat memberi gambaran yang lebih konkret tentang diri siswa secara menyeluruh. Orang tua atau wali siswa mendapat laporan perkembangan proses dan  hasil belajar siswa yang lebih jelas. Saran dan masukan dari sekolah yang tertera dalam raport dapat menjadi pertimbangan untuk pembinaan anak selanjutnya. (st)

Terkait
Rapat Koordinasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)
13 Agu 2019
Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah adalah suatu kesatuan unsur yang terdiri atas organisasi, kebijakan, dan proses terpadu yang mengatur segala kegiatan untuk meningkatkan mutu Pendidikan Dasar dan Menengah…
PENGUMUMAN KELULUSAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016
10 Jun 2016
SISWA SMPN 7 YOGYAKARTA YANG TERDIRI DARI 86 LAKI-LAKI DAN 116 PEREMPUAN DINYATAKAN LULUS SELURUHNYA.   Nilai dapat dilihat pada link dibawah ini  http://smpn7yogyakarta.sch.id/public/file/9327b398a3bc0894e321e63f518eaf34.pdf
TES PENDALAMAN MATERI BERBASIS KOMPUTER 1 KOTA YOGYAKARTA SEBAGAI UPAYA MERAIH SUKSES UJIAN NASIONAL
27 Nov 2018
Tes Pendalaman Materi Berbasis Komputer (TPM BK) merupakan agenda tahunan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dalam rangka mengukur tingkat kemampuan siswa SMP/MTs se-kota Yogyakarta. Latihan ini juga dimaksudkan untuk mempersiapkan para…
Doa Bersama Menjelang Ujian Nasional
12 Jun 2015
Minggu terakhir sebelum Ujian Nasional dilaksanakan, siswa kelas 9 mengikuti doa bersama yang diikuti oleh seluruh siswa kelas 9, orang tua siswa, dan seluruh guru dan karyawan SMPN 7 Yogyakarta.…
SOSIALISASI PENANGGULANGAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA DAN ETIKA LALU LINTAS DI SMP NEGERI 7 YOGYAKARTA
23 Mei 2016
21.05-16 - “Jogja Darurat Narkoba”. Sebuah judul berita di sebuah surat kabar daerah yang membuat kita tidak hanya prihatin tetapi juga miris. Bagaimana tidak? Yogyakarta sebagai kota pelajar, tempat menuntut ilmu…
PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN DI SMPN 7 YOGYAKARTA
25 Agu 2018
Berkenaan dengan datangnya Hari Raya Idul Adha atau yang disebut juga dengan Hari Raya Haji, maka segenap keluarga besar SMPN 7 Yogyakarta pun tak ketinggalan merayakan hari raya umat Islam…
Review Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Pengelolaan Kelas (Guru) Serta Penguatan Ketugasan (TU)
30 Jul 2019
  Rapat kerja merupakan agenda kegiatan rutin yang dilakukan SMP Negeri 7 Yogyakarta. Tahun ini dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 29 Juli 2019 pada pukul 10.00-12.00 WIB. Adapun pelaksanaannya agak…
Selamat Tahun Baru Hijriah 1443 H
9 Agu 2021
Satu tahun telah kita jalani. Semoga amalan - amalan kita pada tahun yang lalu bisa ditingkatkan, dan semoga amalan tercela kita tahun lalu dapat ditinggalkan. Selamat Tahun Baru Hijriah 1443…
Achievement Motivasi Training (AMT) Siswa Kelas 7 SMP Negeri 7 Yogyakarta
1 Mar 2021
Kegiatan motivasi siswa kelas 7 merupakan kegiatan rutin dari program kerja wakil kepala urusan kesiswaan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 26 Februari 2021 pada pukul 08.00-10.00 WIB.  Kegiatan…
Media Sosial
Karya Siswa
SMPN 7 Yogyakarta
Jalan Wiratama 38, Daerah Istimewa Yogyakarta. 55752
Telepon: (0274) 561374
Faksimili: (0274) 561374
Email: smp7yk@gmail.com