Pada hari Kamis, 24 Maret 2022, SMP Negeri 7 Yogyakarta menyelenggarakan Workshop Penyusunan Soal High Thinking Order Skills (HOTS) yang diikuti oleh seluruh guru. Dosen Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Yogyakarta, Dr. Ariyadi Wijaya, S.Pd.Si., M.Sc., selaku pembicara dalam acara ini, mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka membiasakan bapak dan ibu guru dalam menyajikan soal dengan tingkat kesulitan yang sesuai untuk mempersiapkan peserta didik dalam menyambut Kurikulum Merdeka dan pelaksanaan PISA (Programme for International Student Assessment) pada Mei-Juni 2022.
Sebelum menjelaskan tentang standar soal yang harus dibuat, beliau menjelaskan terlebih dahulu gambaran dari Kurikulum Merdeka yang akan segera diberlakukan di seluruh Indonesia ini. Dalam kurikulum tersebut, tidak terdapat Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar seperti yang terdapat dalam Kurikulum 2013. Di sana hanya terdapat fase-fase yang harus ditempuh oleh anak selama masa belajar di SMP/SMA. Sekolah yang harus memetakan sendiri apa yang sebaiknya diajarkan di kelas VII, VIII, dan IX.
Berkaitan dengan PISA, SMP Negeri 7 Yogyakarta ditunjuk sebagai salah satu sekolah sampel yang akan mewakili Indonesia. PISA menuntut peserta didik agar mampu menerapkan pengetahuan. Mereka harus mampu menganalisis informasi sesuai dengan konteks agar dapat memecahkan permasalahan yang ada di kehidupan sehari-hari.
Dalam penyusunan soal, dikenalkan teknik menyusun soal numerasi dan literasi. Soal numerasi dibuat berdasarkan proses, konten, dan konteks yang sesuai. Sementara itu, literasi disusun dengan tujuan siswa dapat memproses teks (text processing), memahami isi tersurat dalam teks (understanding), dan menilai kredibilitas teks (evaluate and reflective).
Untuk mengimplementasikannya dalam pembelajaran, guru dapat mengacu pada akun Pusmendik (Pusat Asesmen Pendidikan). Di sana telah disajikan langkah-langkah beserta contoh-contoh penyusunan soal. Soal tersebut bisa dikembangkan dari data grafis maupun berdasarkan fenomena yang ada di lingkungan sekitar. Dengan kegiatan workshop ini, diharapkan guru dapat terbiasa menyusun soal yang sesuai untuk menerapkan pengetahuan peserta didik. (td)