Kampanye Literasi
Kampanye Literasi
7 Des 2018

Dunia industri dan perdagangan tidak dapat lepas dari iklan. Untuk menginformasikan dan menawarkan suatu produk atau jasa, iklan mutlak diperlukan. Dengan iklan, masyarakat menjadi tahu hadirnya suatu produk atau jasa serta manfaatnya. Oleh karena itu, iklan menjadi salah satu kuci sukses untuk memasarkan produk atau jasa.  

Berbagai jenis iklan banjir di tengah masyarakat mulai dari iklan niaga, iklan jasa, iklan layanan masyarakat sampai dengan iklan keluarga. Iklan diwujudkan dalam berbagai bentuk. Iklan visual dipasang di tempat yang strategis masyarakat seperti poster, baliho, slogan, plakat, dan sebagainya. Iklan juga ditayangkan melalui media massa seperti koran, majalah, radio, televisi, dan internet.

Agar konsumen tertarik, dalam iklan ditampilkan gambar yang aduhai dan kata-kata yang dapat memanipulasi pembaca. Jika dicermati, kadang isinya tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya. Gambar dan kata-kata dalam iklan sering tidak masuk akal, bahkan ada indikasi menipu.

Sehubungan dengan hal tersebut, mahasiswa Universitas ATMAJAYA Yogyakarta menaruh perhatian kepada konsumen agar tidak terjebak pada pola hidup konsumtif. Perhatian ini diwujudkan dalam bentuk Kampanye Literasi Iklan melalui Sekolah.

Lima mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jurusan Periklanan yaitu Daniel R Samber, Immanuel R Saputra Tinambunan, Ni Kadek K Puspiati, Melania Katarina Murni Juru, dan Felicia Echie Fadera M pada hari Selasa, 4 Desember 2018 mengadakan sosialisasi literasi iklan. Tujuan dari kegiatan ini adalah membekali remaja untuk memiliki kemampuan literasi iklan sehingga terhindar dari perilaku konsumtif. Sikap kritis terhadap iklan ditumbuhkembangkan sehingga remaja tidak mudah terpengaruh barang atau jasa yang diiklankan.

Kampanye literasi iklan dilakukan di kelas 9C pada jam pelajaran Bahasa Indonesia. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa dengan antusias. Kegiatan dibuka dengan pembentukan kelompok dilanjutkan dengan pemutaran video iklan untuk masing-masing kelompok. Selesai penanyangan, siswa diminta untuk mendiskusikan pesan apa yang ditemukan dalam iklan. Siswa juga diminta untuk mengkritisi gambar, kata-kata, dan alur cerita dalam video.  Hasil dari diskusi dipresentasikan oleh tiap-tiap kelompok di depan kelompok lain dan kelompok lain memberikan tanggapan. Dari kegiatan ini diharapkan  sikap kritis siswa terhadap iklan tumbuh dan berkembang. Dengan sikap kritis yang dimiliki, siswa diharapkan dapat terhindar dari pola hidup konsumtif.

Pada bagian akhir, para mahasiswa memberi penguatan pengetahuan agar pengetahuan yang diperoleh dari kegiatan literasi ini dapat dimandfaatkan di dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ditutup dengan menyanyi dan menari dengan lagu Maria Menari di Atas Menara. Kegiatan berakhir dengan gembira. (sst/mj)

Terkait
PELATIHAN KONSELOR TEMAN SEBAYA SMPN 7 YOGYAKARTA ( KONSELING PRAKTIS)
25 Okt 2016
                25.10.2016 - Pengertian  konseling  teman sebaya adalah konseling yang dilakukan oleh seorang dengan konselor yang  umurnya sebaya sebagai seorang teman. Kegiatan konseling ini bertujuan agar seseorang lebih terbuka menceritakan…
PERINGATAN HARI KARTINI DI SMP NEGERI 7 YOGYAKARTA
22 Apr 2016
Raden Ajeng Kartini adalah salah satu Pahlawan Nasional. Hari kelahirannya, tanggal 21 April ditetapkan oleh pemerintah sebagai hari besar yang kemudian dikenal sebagai Hari Kartini. Adapun tujuannya adalah untuk menghargai…
EKTRAKURIKULER SEBAGAI WADAH PENGEMBANGAN DIRI
9 Jan 2018
Ekstrakurikuler (ekskul) merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh para siswa sekolah di luar jam belajar. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kepribadian, bakat, kemampuan, dan hubungan sosial siswa di luar bidang…
KUNJUNGAN KERJA MKKS MUSIRAWAS
9 Jan 2018
Pertengahan Desember, tepatnya tanggal 14 Desember 2017 SMPN 7 Yogyakarta menerima kunjungan dari  Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Musirawas Provinsi Sumatra Selatan. Rombongan datang sekitar pukul 10.00 dan diterima…
AKREDITASI SEKOLAH DAN PROGRAM LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN (LPMP) UNY MELALUI PPG PRAJAB SERTA SM3T DI SMP NEGERI 7 YOGYAKARTA
17 Agu 2018
Akreditasi sekolah adalah kegiatan penilaian (assessment) sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah. Dasar hukumnya adalah Undang Undang No. 20…
MENCETAK PRESTASI TIADA HENTI
14 Nov 2016
                  13.11.16 – 22 siswa yang tergabung dalam tim karawitam tampil apik saat mengikuti lomba Nespaloka Langen Budaya #2 yang diselenggarakan oleh…
Segudang Cara Anak Memaknai Hari Kartini
21 Apr 2015
Selasa (21/4), OSIS Wiratama mengadakan berbagai acara untuk memperingati hari kelahiran pahlawan emansipasi wanita, R.A. Kartini. Acara diawali dengan upacara bendera untuk mengenang jasa beliau. Kepala Sekolah SMPN 7 Yk,…
AJANG PROMOSI EKSTRAKURIKULER
28 Jul 2016
Hari terakhir masa orientasi peserta didik baru diisi dengan sosialisasi kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) dengan menampilkan demontrasi peragaan untuk tiap ekskul sekaligus sebagai ajang promosi bagi kelas 7 untuk menentukan pilihan.…
Motivasi Training Kelas 9
18 Peb 2016
15.02.16 - Menjelang Ujian Nasional siswa kelas 9 mengikuti motivasi training yang diadakan d gedung Erlangga. Motivasi ini dipandu oleh Zainal Fanani, MNLP. Kegiatan motivasi training yang diselenggarakan tanggal 15 Februari…
Berita Siswa
Login
Username
Password
Polling
Menurut Anda, bagaimana konten website ini?
Hasil Polling
Menurut Anda, bagaimana konten website ini?
Kurang
211
Cukup
75
Baik
170
Sangat Baik
437
Hubungi kami
Nama
Email
Pesan
SMPN 7 Yogyakarta
Jalan Wiratama 38, Daerah Istimewa Yogyakarta. 55752
Telepon: (0274) 561374
Faksimili: (0274) 561374