Satu minggu di awal pembelajaran tahun ajaran 2021 peserta didik SMPN 7 Yogyakarta melakukan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). MPLS dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh peserta didik dari kelas 7 sampai kelas 9 dari tanggal 12-16 Juli 2021. Kegiatan dibuka dengan sambutan kepala sekolah SMPN 7 Yogyakarta dilanjut dengan pengenalan lingkungan sekolah dari bentuk fisik hingga kegiatan dan ekstrakurikuler yang ada di sekolah. Pada pengenalan lingkungan fisik sekolah peserta didik baru diajak mengelilingi sekolah secara virtual, yaitu anak melihat video untuk mengenal bangunan sekolah mereka. Upaya ini dilakukan agar anak bisa mengenal lebih dekat dengan lingkungan sekolah meskipun mereka melakukan pembelajaran secara daring. Kegiatan motivasi menjadi penutup MPLS di hari pertama dengan pemateri Ibu Rieta.
Rangkaian acara pada hari ke dua pengenalan tata tertib dan prosedur protokol kesehatan yang disampaikan oleh Bu Sri Purwanti,M.Pd. dan Bu Tantri Darmayanti, S.Pd. Gr., kemudian materi Remaja Sehat dan Bugar di Masa Pandemi dari Puskesmas Tegalrejo. Hari ke tiga materi yang disampaikan yaitu Sosialisasi Kegiatan Belajar Mengajar Saat Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas dan Daring menggunakan akun belajar.id oleh Pak Pipit Bambang Djoko MPP, S.Pd., dilanjut pengenalan program dan aplikasi pendukung KBM yang disampaikan oleh Pak Yudi Biantoro, S.Pd. Acara penutup yaitu Sosialisasi Tertib dan Disiplin di Masa Pandemi oleh pemateri dari Polsek Tegalrejo. Acara pada hari ke empat dan kelima merupakan acara hiburan dan pengenalan antar peserta didik. Anak diajak wisata virtual mengunjungi Benteng Vredeburg dan dilanjut lomba-lomba secara individu maupun antar kelas yang diikuti seluruh peserta didik dari kelas 7 sampai kelas 9. Penutupan dilaksanakan pada hari terakhir beserta pengumuman lomba-lomba yang telah dilaksanakan oleh Bapak Suyarta, S.Pd. selaku kepala sekolah.
Kegiatan MPLS ini merupakan agenda wajib di awal tahun pelajaran karna telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016. Meski dilaksakan secara daring, antusias peserta didik sangat besar dalam mengikuti rangkaian acara ini. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa yang mengikuti setiap acara dan banyak yang mengajukan pertanyaan ketika sesi sosialisai. Selain itu juga terlihat dari kesiapan anak ketika mengikuti setiap lomba yang diadakan. Dengan begitu, tujuan pengenalan lingkungan sekolah untuk menggali potensi peserta didik baru dan sebagai pemantik semangat bagi kelas 8 dan 9 di awal tahun pelajaran dapat dikatakan berhasil. (SS)